E-book Reader, Cara Praktis Baca Buku dan Majalah

  • Whatsapp

Jakarta, beritayudha.com   Aktivitas membaca buku telah merambah ranah digital. Melalui aplikasi e-book reader, kita bisa membaca buku atau majalah digital melalui gadget seperti ponsel, tablet PC, dan peranti digital lainnya. Perbedaan antara e-book reader dan tablet terutama terletak pada display.

Tablet lebih tinggi fresh rate-nya sehingga lebih nyaman untuk berinteraksi, sementara e-book reader lebih nyaman dibaca walau di bawah sinar matahari berkat teknologi electronic paper.

Beberapa peranti e-book reader yang populer antara lain iRiver buatan Korea Selatan, Nook buatan Barnes & Noble, dan Kindle buatan Amazon dari Amerika Serikat. Masing-masing gadgetini memiliki karakteristik berbeda. iRiver, misalnya, mampu menampung hingga 14.000 halaman buku atau majalah digital. Sementara Kindle bisa digunakan untuk menonton film dan mendengarkan musik.

Kindle merupakan tablet PC buatan perusahaan ritel online Amazon dan tersedia dalam tiga versi. Pertama, Kindle dengan fitur-fitur standar dan sederhana yang dijual 99 dolar AS. Kedua, Kindle Touch 3G dengan harga 149 dolar.

Sesuai namanya, Kindle Touch 3G dilengkapi jaringan 3G untuk mengakses atau mengunduh ribuan aplikasi di Amazon Store. Ketiga, Kindle Fire dengan fitur lebih lengkap dari dua varian lainnya. Android Terbaru Kindle Fire menggunakan sistem operasi Android versi terbaru yang telah dimodifikasi dan dilengkapi dengan prosesor dual core.

Selain untuk membaca buku digital, pengguna Kindle Fire bisa memanfaatkannya untuk menonton film. Amazon menawarkan paket berlangganan film dengan tarif 79 dolar/tahun. Untuk program ini, Amazon bekerja sama dengan distributor film Fox yang menyuplai film-film Hollywood terbaru.

Ruang simpan Kindle Fire hanya 8 GB, tapi Amazon telah menyediakan ruang simpan virtual secara gratis karena telah menerapkan komputasi awan (cloud computing), sehingga pengguna dapat menyimpan banyak file film, buku, dan musik.

Menurut situs Digitimes, Kindle Fire telah terjual 20 juta unit di seluruh dunia, sejak diluncurkan November 2011. Jumlah ini akan terus bertambah. Tingginya permintaan Kindle Fire karena gadget ini dijual dengan harga terjangkau, yakni 199 dolar. Jauh lebih murah dari iPad buatan Apple.

Ponsel buatan China yang kini marak beredar di Indonesia sebenarnya juga telah menyediakan fitur e-book reader, meski dengan kemampuan terbatas. Tetapi pemanfaatannya belum maksimal, karena membaca buku digital belum populer di negara kita.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *