Godaan Tiga Supercar dari Ferari, Lamborghini hingga Aston Martin

  • Whatsapp
Godaan Tiga Supercar dari Ferari, Lamborghini hingga Aston Martin
Godaan Tiga Supercar dari Ferari, Lamborghini hingga Aston Martin

Jakarta, beritayudha.com  Sepanjang tahun lalu, ratusan mobil mewah baru diluncurkan di berbagai belahan dunia. Beberapa dari jumlah itu adalah mobil supercar nan rupawan. Supercar, begitu orang menyebutnya. Para produsen pembuatnya terus berinovasi untuk menggaet pembeli.

Maklum, konsumen mobil ini umumnya para pesohor dunia dan mereka yang berkantong tebal. Walhasil, selain mesin yang garang dan desain apik, mobil harus memiliki fitur kenyamanan plus keamanan kelas super.

Read More


“Kami sangat memahami selera pembeli yang senantiasa bercita rasa tinggi,” kata Chief Executive Officer Lamborghini, Stephan Winkelmann, seperti dilansir Popularmechanics.com dan Los Angeles Times.


Pendapat CEO Ferrari, Amedeo Felisa, setali tiga uang. Baginya, memproduksi mobil tak sekadar menyuguhkan kendaraan yang mampu melesat ratusan mil dalam tempo sekejap.


“Bukan pula, sekadar memamerkan teknologi keamanan, “ ucapnya kepada Carhubnews.com.

Bagi dia, mobil super merupakan paduan antara seni, teknologi, kenyamanan dan keamanan, serta kecepatan. “Obsesi seperti itu yang selalu menggelitik kami,” katanya.

Carbuzz melansir penilaian terhadap lima mobil super terbaik oleh beberapa lembaga pemeringkat kualitas mobil, pemerhati, ataupun jurnalis otomotif. Berikut ini tiga di antaranya.

All New Ferari F12 Berlinetta

Mobil super asal Italia yang diluncurkan pada pergelaran Geneva Auto Show itu mengusung mesin 6.300 cc V12. Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut diklaim mencapai 730 daya kuda dengan torsi 509 lb ft.

Berbekal tenaga dan torsi sebesar itu, Berlinetta generasi anyar ini mampu melesat dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer hanya dalam tempo 3,1 detik.

Mobil ini juga mampu digeber hingga 340 km per jam. Sumber di Ferrari menyebut, sebelum nama F12 Berlinetta dipilih, mobil itu rencananya dinamai Ferrari 620GT. Mobil super ini menggunakan sasis aluminium spaceframe dan bodyshell. Hasilnya, bodi lebih kuat 20 persen ketimbang Ferrari 599.

Bobotnyapun hanya 1.525 kilogram atau lebih ringan 70 kg ketimbang pendahulunya itu. Tampilannya pun lebih eksotis dengan lekuk tubuh yang padat tapi tak sangar seperti mobil super umumnya.

Bagian interior juga dirancang lebih elegan dengan padu-padan warna smooth. Ferrari membanderol 340 ribu euro atau sekitar Rp 4,3 miliar.

Lamborghini Aventador Versi Roadster

Tak berbeda dengan versi coupe yang diluncurkan sebelumnya, Lamborghini Aventador versi roadster juga dilengkapi mesin 6.500 cc V12, yang bertenaga 700 daya kuda . Hasilnya, supercar roadster mampu berakselerasi dari kecepatan nol ke 100 km per jam dalam waktu 2,9 detik dan mampu melesat hingga 350 km per jam.

Lamborghini mengklaim teknologi mesin dan fitur pendukungnya terinspirasi oleh roadster Miura yang dibuat pada 1968. Paras supercar ini sangat menawan berkat lekukan bodi samping dan belakang yang menimbulkan kesan macho. Atap nya, yang bisa dibuka-tutup atau dilepas dan disimpan di bagasi depan, terbuat dari serat karbon yang bobotnya tak lebih dari 5 kg.

Lamborghini juga merancang bagian interior yang menonjolkan unsur kelembutan dan kemewahan. Untuk melapisi bagian interior itu, Lamborghini menggunakan kulit khusus. Kelir pelapis khusus bernama Sabbia Nefertem itu dibuat senada dengan warna eksterior mobil. Di Jerman dan Amerika Serikat, mobil ini dibanderol US$ 450 ribu atau sekitar Rp 4,5 miliar.

Aston Martin Vanquish

Nama mobil supercar ini mulai mencuat ke publik saat Daniel Craig menungganginya dalam serial James Bond 007, Skyfall. Semula mobil tersebut diperkenalkan pada Agustus 2012 dalam acara Pebble Beach Concours d’Elegance di California, Amerika.

Mobil penerus Aston Martin DBS—yang juga menjadi mobil tunggangan James Bond dalam film-film sebelumnya—itu memiliki performa yang mumpuni. Seperti generasi lawas, Vanquish mengusung mesin naturally aspirated 5.900 cc V12 dengan tenaga 565 daya kuda dan torsi 620 Newton meter.

Dengan tenaga dan torsi sebesar itu, mobil supercar mampu berakselerasi dari kecepatan nol hingga 100 km per jam hanya dalam tempo 4,1 detik dengan maksimum 305 km per jam. Aston Martin membanderolnya US$ 280 ribu atau sekitar Rp 2,8 miliar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *