KRI Albakora-867 Evakuasi KM Sumber Raya 04 di Perairan Maluku

  • Whatsapp

Maluku, beritayudha.com   TNI AL mengerahkan KRI Albakora-867 yang dikomandani Mayor Laut (P) Joko Ariyanto untuk mengevakuasi Kapal Penumpang “KM Sumber Raya 04” yang mengalami mati mesin, di Perairan Pulau Obi, Kepulauan Halmahera, Maluku, Kamis (5/11/2020).

KRI Albakora-867 yang dikomandani Mayor Laut (P) Joko Ariyanto,S.H.,S.T., sedang melaksanakan patroli di Selat Obi dalam rangka Operasi Trisakti-20 di bawah kendali operasi Guskamla Koarmada III pada Pukul 17.00 WIT menerima berita melalui Radio FM Ch 16 bahwa KM Sumber Raya 04 mengalami kerusakan mesin.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, KRI Albakora-867 melaksanakan pencarian melalui radar dan ECDIS kapal.

Setelah berhasil melakukan kontak dengan KM Sumber Raya 04, KRI Albakora-867 bergerak menuju posisi KM Sumber Raya 04 yang sudah mengapung selama satu jam di selatan Tanjung Maregarango dengan jarak 1,7 mil laut.

Kapal penumpang yang dinahkodai Darmin Hanafi ini, membawa 78 penumpang rencananya akan melakukan pelayaran dari Jojame menuju Keupal. Namun ditengah perjalanan kapal mengalami kerusakan mesin dikarenakan karet gearbox hangus.

KRI Albakora-867 mendekat KM Sumber Raya 04 pada jarak 80 yard untuk bermanuvra melihat situasi KM Sumber Raya 04 yang memungkinkan untuk proses evakuasi dengan cara menggandeng untuk memaksimalkan penggunaan bolder, memasang tali-tali dan dampra untuk proses penggandengan.

Dengan kecepatan 3,4 Knot, KRI Albakora-867 bergerak menggandeng KM Sumber Raya 04 menuju pelabuhan Kupal Pulau Bacan dengan dan berhasil sandar pada pukul 24.00 WIT.

Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han) memberikan apresiasi kepada Komandan dan segenap prajurit KRI Albakora-867, yang berhasil menolong dan mengevakuasi Kapal Penumpang KM Sumber Raya 04 tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *