Letjen TNI Besar Harto Karyawan Luncurkan Buku 8 Kekuatan Cakra

  • Whatsapp
Letjen TNI Besar Harto Karyawan Luncurkan Buku 8 Kekuatan Cakra
Letjen TNI Besar Harto Karyawan Luncurkan Buku 8 Kekuatan Cakra

Jakarta, beritayudha.com  Panglima Kostrad, Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, S.H., M.Tr (Han) meluncurkan buku “Delapan Kekuatan Cakra Sebagai Sumber Inspirasi, Profesionalisme dan Senjata Pamungkas Prajurit Darma Putra Kostrad” di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (8/5/2020).

“Buku ini merupakan referensi dari sebuah perenungan panjang saya, dalam pengabdian sebagai prajurit TNI selama 34 tahun, dimana 21 tahun berturut-turut menjadi prajurit Darma Putra Kostrad,” kata Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan.

Bacaan Lainnya

Ia menambahkan, buku ini juga dibuat sebagai upaya menggali, mengurai dan memaknai arti kekuatan yang terdapat pada lambang Cakra Kostrad.

“Juga dikaitkan dengan berbagai anugerah hikmah yang terselip dalam setiap kejadian sepanjang perjalanan karier sehingga menghasilkan sebuah karya orisinil yang muncul dari akal sadar dan hati nurani saya yang paling dalam,” imbuh Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan.

Lebih lanjut Pangkostrad berharap dengan diresmikannya buku “Delapan Kekuatan Cakra Sebagai Sumber Inspirasi, Profesionalisme dan Senjata Pamungkas Prajurit Darma Putra Kostrad”ini, dapat membimbing dan mengembangkan kekuatan Cakra yang terdapat dalam dirinya.

Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan berharap dapat memberi inspirasi sehingga mampu menjadi prajurit sejati, berdisiplin, tangguh, militan dan profesional serta mencintai dan dicintai rakyat dalam menghadapi berbagai dinamika penugasan.

Dalam sambutannya Pangkostrad, mengucapkan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada dosen Universitas Pertahanan, perwakilan mahasiswa dan tamu undangan serta rekan-rekan insan pers yang telah berkenan hadir di Makostrad untuk memenuhi undangan pada acara ini.

Hadir pada kegiatan ini Kaskostrad, Irkostrad, Kapoksahli Pangkostrad, Pamen Ahli Gol IV Kostrad Bid. Ilpengtek, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, para Kabalak Kostrad, Pastor Dr. Rofinus Neto Wuli, Pr., S.Fil., M.Si(Han), Letkol Cpl Linus Yoseph Wawan Rukmono, S.T.,M.T., dan perwakilan mahasiswa dari Universitas Pertahanan.

Acara peluncuran buku, juga diikuti Pangdivif 1, Pangdivif 2 Pangdivif 3 Kostrad yang dilaksanakan secara online dengan menggunakan video conference.

Jejak Karir Panglima Kostrad Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan

Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan menjadi Pangkostrad menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang naik jadi KSAD. Jabatan Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan sebelumnya adalah Pangdam III/Siliwangi dengan pangkat Mayjen.

Mendapat promosi menjadi Pangkostrad, Mayjen Besar Harto mendapat kenaikan pangkat menjadi jenderal bintang tiga atau letjen.

Pergantian Besar dari Pangdam III/Siliwangi ke Pangkostrad berdasarkan Surat Keputusan Panglima (SKEP) Nomor Kep/1240/XI/2018 yang dikeluarkan pada Kamis (29/11/2018).

Berdasarkan informasi yang dihimpun beritayudha.com, Besar Harto Karyawan lahir di Lubuk Sikaping, Pasaman, Sumatera Barat, 31 Mei 1963. Ia merupakan lulusan Akmil tahun 1986 yang punya pengalaman dalam Infanteri (Kostrad).

Mayjen Besar menduduki jabatan Pangdam III/Siliwangi sejak 19 Maret 2018 hingga dia dipromosikan jadi Pangkostrad.

Sebelum itu, Besar Harto menjabat sebagai Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Danpuspenerbad) pada tahun 2017. Di jabatan ini pula Besar Harto memperoleh pangkat Mayjen.

Saat berpangkat bintang satu atau Brigjen, setidaknya Besar Harto pernah menempati dua jabatan, yakni Irkostrad dan Kakordos Sesko TNI.

Sebelum itu, saat berpangkat Kolonel, Besar Harto pernah menduduki Danrem 062/Tarumanegara pada tahun 2013 dan Irdam Jaya pada tahun 2014.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *