Mixed Matrial Arts, Perpaduan Kesehatan dan Keselamatan Diri

  • Whatsapp
Mixed Matrial Arts, Perpaduan Kesehatan dan Keselamatan Diri
Mixed Matrial Arts, Perpaduan Kesehatan dan Keselamatan Diri

Jakarta, beritayudha.com  Mixed Matrial Arts sebagai seni beladiri adalah olahraga seperti yang lain, ada peraturan, kendali diri dan butuh disiplin. Semua latihan beladiri sangat bagus, tapi hanya Mixed Matrial Arts (MMA) yang mengajarkan bagaimana Anda bertarung.

Kesuksesan program televisi Ultimate Fighting Championship pada 1993 turut memperkenalkan jenis olahraga Mixed Matrial Arts (MMA) atau seni beladiri campuran. MMA adalah salah satu jenis olahraga kontak yang memperbolehkan berbagai teknik pertarungan, seperti pergumulan, tendangan, pukulan dan kuncian.

Mixed Matrial Arts memang menuntut para praktisi beladiri untuk menguasai semua teknik beladiri yang ada di dunia. Menariknya, kini kepopuleran MMA sudah menular ke masyarakat luas, utamanya mereka yang tertarik untuk melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kebugaran.

Olahtubuh melalui Mixed Matrial Arts memang sudah hal yang bahkan bisa dipelajari awam. Apalagi jenis olahraga ini memiliki manfaat ganda: untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, membantu menurunkan berat badan, membentuk otot, serta utamnaya untuk menjaga keselamatan diri, karena mengandung teknik beladiri.

Perlu diketahui bahwa teknik gerakan MMA mengkombinasikan teknik dari berbagai cabang seni beladiri untuk melumpuhkan lawan.

Belakangan ini Mixed Matrial Arts masuk sebaga salah satu jenis olahraga yang ditawarkan di berbagai pusat kebugaran, termasuk di Indonesia. Apalagi menjaga kesehatan dan kebugaran telah menjadi bagian dari gaya higup masyarakat modern.

Karena itu pula seni beladiri, termasuk MMA tidak lagi hanya menjadi pertandingan resmi, melainkan jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh siapapun.

Kini, ada sedikitnya enam teknik gerakan MMA yang populer diperkenalkan dan diajarkan di berbagai pusat kebugaran. Gerakan-gerak tersebut adalah:

Boxing

Tinju atau boxing diyakini menjadi kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh banyak petarung MMA. Boxing sendiri adalah olahraga dan seni beladiri yang menampilkan dua orang partisipan dengan berat yang serupa untuk bertanding tinju.


Dalam kelas boxing di pusat kebugaran, tentu saja para partisipan tidak akan melakukan pertarungan. Anda hanya akan berlatih meninju dengan benar, dengan beberapa gerakan tinju yang dilatih oleh instruktur bersertifikat.


Muay Thai

Adalah seni beladiri keras yang berkembang di Thailand. Muay Thai disebut sebagai ‘seni delapan tungkai’ atau ‘ilmu delapan tungkai’. Disebut delapan tungkai karena tekniknya sarat menggunakan pukulan, tendangan, sikutan, dan seragan lutut di delapan titik serangan.

Seperti boxing, Muay Thai di pusat kebugaran mengajak partisipan untuk mempelajari gerakan-gerakan dasar seperti pukulan (chok), sikut lengan (tee sok), tendangan (tae), lutut (tee kao), dan dorongan kaki (teep).


Jiu Jitsu


Merupakan seni beladiri dari Jepang. Bentuk pembelaan diri yang bersifat defensif dan memanfaatkan ‘Yawara-gi’, atau teknik-teknik yang bersifat fleksibel, dimana serangan dari lawan tidak dihadapi dengan kekuatan, melainkan dengan cara ‘menipu’ lawan agar daya serangan tersebut dapat digunakan untuk mengalahkan lawan.

Dari Jiu Jitsu ini lah kemudian lahir beberapa seni beladiri lainnya yang berkonsep serupa, yaitu aikido dan judo.


Judo


Masih seni beladiri dari Jepang, merupakan seni beladiri, olahraga dan filosofi yang berakar dari kebudayaan kaum Samurai. Pada 1882, judo dikembangkan oleh Jigaro Kano. Pemain judo disebut judoka atau pejudo. Cabang olahraga ini populer sehingga menjadi cabang olahraga yang memperebutkan mendali di Olimpiade.


Jika Anda ingin berlatih Judo, disarankan untuk berlatih di pusat kebugaran khusus pelatihan Judo yang sudah banyak tersebar di Indonesia. Anda harus mengenakan baju latihan khusus dan matras untuk menghidari cedera dari bantingan lawan berlatih.


Capoeira


Seni beladiri tradisional yang diciptakan di Brasil oleh budak-budak Afrika yang dibawa bangsa Portugis. Di beberapa pusat kebugaran, biasanya Capoeira diajarkan di kelas body combat, yang memang khusus fokus pada gerakan-gerakan beladiri.


Penting diketahui, bahwa gerakan di Capoeira bertujuan untuk melatih kelenturan tubuh serta mengencangkan otot-otot tangan dan kaki terutama paha, karena banyak menggunakan gerakan kuda-kuda rendah dengan lutut tertekuk.


Lima Manfaat Mixed Matrial Arts (MMA)


Pertama, menjadi latihan fisik terbaik. Terutama saat berlatih untuk bertarung.


Kedua, melatih disiplin. Sama seperti olahraga lainnya, MMA menuntut kedisplinan diri, baik tubuh maupun pikiran.


Ketiga, meningkatkan rasa percaya diri dan pertahanan diri. Ketika seseorang mempelajari teknik MMA maka otomatis terbangun rasa percaya diri dan sistem pertahanan diri pun meningkat.


Keempat, menghindari stres. Adrenalin dan keringat yang keluar karena latihan MMA akan membuat tubuh bugar sekaligus rileks. Gerakan-gerakan beladiri saat latihan juga membuat tubuh memproduksi hormon endorfin yang berfungsi memberikan rasa gembira dan rileks.


Kelima, membakar lemak. Tergolong dalam kategori olahraga HIIT (High Intensity Intensity Interval Training).

MMA lebih efektif dalam membakar lemak, karena memacu kerja jantung lebih keras sehingga membuat tubuh mengkonsumsi oksigen lebih banyak. Ini membuat tubuh terpacu sistem metabolismenya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *