Nusa Tenggara Timur, Pelangi di Tenggara Indonesia

  • Whatsapp
Nusa Tenggara Timur, Pelangi di Tenggara Indonesia
Nusa Tenggara Timur, Pelangi di Tenggara Indonesia

Kupang, beritayudha.com -Nusa Tenggara Timur, Pelangi di Tenggara Indonesia Kupang, Keindahan Nusa Tenggara Timur (NTT) tak perlu dipertanyakan lagi. Namanya begitu dikenal, terutama di kalangan wisatawan manca negara.

Berada di bagian tenggara Indonesia, NTT memiliki segudang kekayaan yang luar biasa, mulai dari alam geografi yang indah, pesona bawah laut yang luar biasa, adat istiadat yang beragam, hingga fauna endemik komodo, hewan purba “penghuni” pulau Komodo juga menjadi daya tarik provinsi ini.

Bacaan Lainnya

Dengan berbagai godaan keindahan alam tersebut, satu minggu mungkin tak akan cukup untuk menjelajahi NTT yang terdiri dari tiga pulau besar dan ratusan pulau kecil. Berikut adalah beberapa destinasi wajib di NTT yang harus masuk jadwal liburan Anda mendatang:

Pesona Pulau Flores

Diambil dari bahasa Portugis, Flores berarti ‘bunga’ merupakan pulau terbesar di Nusa Tenggara Timur. Di pulau ini terdapat Gunung Ranakah (2.350 mdpl), yang merupakan gunung tertinggi kedua di Nusa Tenggara Timursesudah Gunung Mutis (2.427) yang berada di Timor Barat.


Suku bangsa Flores adalah percampuran etnis Melayu, Melanesia, dan Portugis. Karena pernah menjadi koloni Portugis, maka interaksi dengan budaya di negeri benua Eropa itu sangat terasa disini.


Lima lokasi ini wajib dikunjungi bila berada di pulau Flores:

  1. Danau Kelimutu. Merupakan salah satu ikon Nusa Tenggara Timur karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru dan putih. Danau ini berada di ketinggian 1.631 mdpl.
  2. Pulau Kanawa. Pulau seluas 32 hektar ini berada sekitar 10 kilometer dari Labuan Bajo. Aktivitas yang paling banyak dilakukan disini adalah trekking dan snorkling di kawasan dermaga
  3. Danau Sano Nggong. Merupakan danau terbesar di Nusa Tenggara Timur.
  4. Kampung Bena. Adalah salah satu perkampungan megalitikum yang berada di Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada, sekitar 19 km dari Bajawa. Di sini terdapat sekitar 40 rumah adat.
  5. Desa Wae Rebo. Berada di ketinggian 1.200 mdpl, desa yang berada di barat daya kota Ruteng, Kabupaten Manggarai ini dijuluki “surga di atas awan”. Pemandangan alam berupa gunung-gunung yang berpadu cantik dengan tujuh rumah adat berbentuk kerucut, bernama Mbaru Niang, yang sudah didiami oleh 19 generasi.

Pulau Sumba, Surga yang Tersembunyi

Berada di ‘bawah’ pulau Flores, Sumba menawarkan panorama alam yang tak kalah indah. Tak sedikit wisatawan mancanegara dan lokal yang menyebutnya sebagai surga tersembunyi.


Lima lokasi di Pulau Sumba, menarik untuk dikunjungi adalah:

  1. Bukit Warinding, merupakan bukit nan anggun di Desa Pambota Jara, Kecamatan Pandawai.
  2. Desa Adat Rende, perkampungan dengan kebudayaan Sumba yang kental dan rumah-rumah adat yang masih terjaga baik.
  3. Danau Weekuri, jika Anda mencari ketenangan, maka destinasi wisata ini wajib dikunjungi. Berada di Sumba Barat Daya, dengan perjalanan sekitar satu setengah jam dari ibukota kabupaten Sumba Barat.
  4. Tenggedu, air terjun dengan batuan yang unik.
  5. Pantai Nihiwatu, berjarak sekirat 30 menit dari Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat. Kini pantai cantik ini dikelola oleh resort bertaraf internasional, Nihiwatu Resort.

Mengintip Keindahan Alor

Merupakan kawasan yang digemari pecinta wisata bahari. Sebab disini terdapat setidaknya 18 titik selam yang disebut Baruna’s Dive Sites. Kabupaten Alor sendiri terdiri dari 20 pulau dengan sembilan pulau berpenghuni, termasuk Pulau Alor.


Selain wisata bahari, terdapat banyak tempat menarik lainnya yang bisa dikunjungi di sini, yaitu:

  1. Gunung Siraung, merupakan gunung berapi aktif yang berada di Pulau Pantar
  2. Kampung Tradisional Takpala, cocok untuk Anda yang tertarik dengan wisata budaya. Terletak di Desa Lembur Barat, disini Anda bisa melihat langsung kehidupan masyarakat yang bersahaja. Mereka menetap di dalam rumah-rumah tradisional suku Abui.
  3. Pantai Maimol, terletak di desa Kabol sekitar delapan kilometer dari kota Kalabahi.

Daya Tarik Labuan Bajo

Dulunya, Labuan Bajo adalah kawasan nelayan tradisional yang berlokasi di sisi barat Pulau Flores. Sekarang Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi wisata yang tak pernah sepi. Kawasan ini juga merupakan titik keberangkatan menuju Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur.

Empat tempat ini sayang dilewatkan bila berkunjung di Labuan Bajo:

  1. Taman Nasional Komodo, terdiri dari tiga pulau besar yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar. Disekelilingnya terdapat beberapa pulau kecil yang tak berpenghuni manusia.
  2. Goa Batu Cermin, terletak sekitar empat kilometer dari Labuan Bajo. Disini Anda bisa menyusuri perut goa dan sejenak merasakan kegelapan.
  3. Pink Beach. Pantai dengan pasir semburan warna pink, yang berasal dari campuran warna pasir putih dengan serpihan karang berwarna merah.
  4. Gili Laba. Untuk menikmati keindahannya, Anda wajib ‘menantang’ diri dengan mendaki bukit. Namun percayalah, ketika tiba di puncak bukit keletihan Anda akan terbayar dengan panorama yang dilihat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *