Prajurit Brigif Mekanis Raider 6 Kostrad Laksanakan Rapid Test

  • Whatsapp
Brigade Infanteri (Brigif) Mekanis Raider 6 Divif 2 Kostrad menggelar rapid test
Brigade Infanteri (Brigif) Mekanis Raider 6 Divif 2 Kostrad menggelar rapid test

Sukoharjo, beritayudha.com  Brigade Infanteri (Brigif) Mekanis Raider 6 Divif 2 Kostrad menggelar rapid test untuk percepatan dan pencegahan penyebaran wabah Covid-19. Rapid test, digelar di Tribun Lapangan Upacara Mabrigif Mekanis Raider 6 Divif 2 Kostrad, Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (11/5/2020).

“Brigif Mekanis Raider 6 Divif 2 Kostrad berinisiatif mengadakan rapid test Covid-19 bagi seluruh anggota Satjar Brigif Mekanis Raider 6 Divif 2 Kostrad dalam rangka deteksi dini dan waspadai penyebaran Covid-19 yang dilakukan secara serentak sebagai salah satu langkah membantu pemerintah yang untuk mendeteksi, mewaspadai, dan memutus rantai penyebaran virus,” kata dokter Brigif Mekanis Raider 6 Divif 2 Kostrad, Lettu Ckm dr. Agung Andrew Richard Sibuea.

Bacaan Lainnya

“Covid-19 sudah menjadi pandemi di Indonesia dan berbagai upaya juga telah dilakukan untuk mencegah penyebaran virus tersebut antara lain social distancing, physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar,” imbuhnya.

Lettu Ckm dr. Agung Andrew Richard Sibuea menjelaskan, rapid test merupakan metode pemeriksaan untuk melacak infeksi virus SARS-CoV-2 /Covid-19 dengan mengambil sampel darah yang akurasinya mencapai 95 persen dan hasil rapid test dapat diketahui dalam waktu 10 menit.

Lettu Ckm dr. Agung juga menambahkan, rapid test sangat perlu dilaksanakan untuk mendata anggota yang membutuhkan penanganan lebih lanjut mengingat sekitaran Brigif Mekanis Raider 6 Divif 2 Kostrad sudah terdapat laporan dengan rapid reaktif.

Brigade Infanteri (Brigif) Mekanis Raider 6 Divif 2 Kostrad menggelar rapid test
Brigade Infanteri (Brigif) Mekanis Raider 6 Divif 2 Kostrad menggelar rapid test

Cara ini menurutnya lebih praktis juga cepat karena hanya membutuhkan waktu 10-15 menit untuk mendapatkan hasilnya.

“Seandainya dinyatakan reaktif lewat rapid test, hal itu tidak berarti orang tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga perlu dilanjutkan swab test kemudian dari hasil pemeriksaan PCR terhadap swab test tersebut jika dinyatakan positif, maka baru bisa dikatakan orang tersebut positif corona,” ujarnya memungkasi.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 60 orang yang terdiri dari prajurit Satjar Brigif Mekanis Raider 6 Divif 2 Kostrad.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *