Puan Maharani: Masa Persidangan III DPR Difokuskan Pada Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
Ketua DPR Puan Maharani
Ketua DPR RI, Puan Maharani. Foto: istimewa

Jakarta, beritayudha.com  Ketua DPR Puan Maharani menuturkan, kinerja DPR RI di Masa Persidangan III Tahun Sidang 2019-2020 yang telah usai ini dilakukan dengan fokus pada penanganan pandemi virus Covid-19. Puan memastikan, DPR RI turut serta bergotong royong membantu Pemerintah dalam mengatasi persoalan virus ini.

“Pada Masa Persidangan III ini, kita bekerja bersama, bergotong royong, fokus pada upaya untuk menanggulangi Covid-19 dan dampak-dampaknya. Pandemi Covid-19 di Indonesia telah berdampak luas pada seluruh sendi kehidupan rakyat dan juga telah berdampak dalam penyelenggaraan negara,” ujar Puan dalam pidato penutupan Masa Persidangan III pada Rapat Paripurna DPR RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (12/5/2020).

Bacaan Lainnya

Diakui pula, pandemi Covid-19 telah menghadirkan ancaman yang serius terhadap kesehatan rakyat, perekonomian nasional, dan kesejahteraan rakyat. Sehingga perlu kehadiran negara sebagai penyelemat dari ancaman ini.

“Penyelenggaraan pemerintahan negara, sebagaimana yang diamanatkan dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945, pada dasarnya adalah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, serta untuk memajukan kesejahteraan umum,” tegas Puan.

Ketua DPR RI Puan Maharani, resmi membuka Rapat Paripurna Ke-15 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2019-2020.
Ketua DPR RI Puan Maharani, resmi membuka Rapat Paripurna Ke-15 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2019-2020. Foto: istimewa

Oleh karena itu, lanjut politisi PDI-Perjuangan ini, negara dan Pemerintah harus hadir dalam menyelamatkan rakyat dari ancaman krisis kesehatan, ancaman krisis ekonomi, dan ancaman krisis kesejahteraan, dengan melakukan upaya, kebijakan, dan program penanggulangan Covid-19 dan dampaknya.

“Kehadirannya yang meliputi penguatan kapabilitas di bidang kesehatan, pemulihan dan pemberdayaan ekonomi, serta menjaga derajat kesejahteraan rakyat tetap dalam kondisi yang baik,” jelasnya.

Puan juga menegaskan bahwa DPR RI pun turut memberikan dukungan terhadap upaya Pemerintah dalam menanggulangi Covid-19 dan dampaknya, dan DPR akan terus melakukan monitoring, evaluasi, pendalaman, dan penajaman atas pelaksanaan dari program penanggulangan Covid-19 dan dampaknya, melalui Fungsi Pengawasan, Fungsi Anggaran dan Fungsi Legislasi Dewan.

“DPR RI juga ikut bergotong royong, dalam mendukung dan mempercepat upaya Pemerintah dalam penanganan Covid-19, dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Lawan Covid-19 yang merupakan kerja bersama lintas partai. Satgas ini bertujuan untuk membangun sinergi dalam membantu pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, rumah sakit atau puskesmas di daerah,” ujar Puan Maharani memungkasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *