Wisata di Sekitar Pelabuhan Marapokot

  • Whatsapp
Wisata di Sekitar Pelabuhan Marapokot
Ilustrasi. Foto: istimewa

Jakarta, beritayudha.com  Indonesia didominasi oleh wilayah laut, sehingga memiliki garis pantai dari satu pulau ke pulau lain, membentang hingga jutaan kilometer. Kekayaan akan pantai dan sumber laut tercipta indah di sepanjang pulau yang berjajar mulai dari Sabang di Pulau Sumatera hingga Jawa, Bali, Nusa Tenggara, ujung Indonesia di Merauke-Papua, kembali lagi ke Kepulauan Maluku, Sulawesi, Kalimantan, hingga tiba kembali di Sabang. Ribuan pantai berjajar indah. Membuktikan betapa Indonesia layak merajai wisata di Asia, bahkan dunia.

Pelabuhan Marapokot terletak di pulau Flores bagian timur, sebelah utara garis pantai Kota Mbay, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Provinsi yang bersebelahan dengan negara tetangga, Timor Leste ini menawarkan beberapa pariwisata yang indah dan sayang untuk dilewatkan.

Selain Labuan Bajo yang dikenal sebagai Bali kedua, Kota Mbay memiliki beberapa destinasi wisata yang tak kalah indah. Untuk menjangkau destinasi wisata di wilayah ini, bisa menggunakan transportasi darat dan laut. Sedangkan untuk transportasi udara terdekat yang bisa dijangkau adalah Bandara Komodo, dekat Labuan Bajo.

Transportasi Menuju Pelabuhan Marapokot

Untuk menuju wisata di sekitar Pelabuhan Marapokot melalui transportasi udara, para pengunjung dapat menggunakan pesawat yang transit di Bali atau Lombok menuju Bandara Komodo. Setelah itu meneruskan perjalanan melalui darat ke arah timur dari Labuan Bajo sampai ke Kota Mbay.

Perjalanan darat di Pulau Flores dapat dilakukan dengan mobil atau travel yang menyediakan jasa di sekitar Labuan Bajo untuk mengelilingi pulau Flores.

Di sinilah secuil surga terpampang nyata di depan mata.

Tranportasi paling praktis menuju kota ini adalah menggunakan kapal PELNI yang berlayar dari Surabaya menuju Lombok, Labuan Bajo, singgah di Marapokot sebelum melanjutkan ke Makassar dan kembali lagi ke Surabaya. Dengan menggunakan transportasi kapal, akan menghemat waktu perjalanan darat yang menguas tenaga.

Destinasi Wisata di Sekitar Pelabuhan Marapokot:

Wisata Mangrove Marapokot

Wisata mangrove Marapokot terletak tepat di belakang Pelabuhan Marapokot. Meskipun sederhana, sudah dibangun jalan di dalam mangrove yang dapat digunakan pengunjung untuk mengelilingi wilayah mangrove atau mencari spot foto.

Mangrove ini awalnya dilestarikan untuk mencegah abrasi sekaligus mempertegas garis pantai yang berfungsi melindungi daerah di belakangnya. Selain itu, dapat dijadikan destinasi wisata yang menarik bagi pengunjung baik domestik maupun mancanegara.

Pantai Kotajogo

Adalah pantai yang terletak di sebelah timur Pelabuhan Marapokot. Meskipun sudah terpisah dari wilayah Kota Mbay dan masuk wilayah Nagekeo, pantai ini sangat bersih dan relatif sepi karena belum banyak pengunjung yang datang. Sejauh ini, Pantai Kotajogo hanya dikunjungi oleh wisatawan domestik dan menjadi tujuan anak-anak sekitarnya untuk bermain melepas penat.


Batu Kodok Nggolo Mbay


Tidak jauh dari Kota Mbay yang merupakan ibukota Kabupatan Nagekeo, terdapat sebuah batu unik di atas bukit tepi jalan raya yang berbentuk menyerupai kodok atau katak. Masyarakat di sekitarnya lazim menyebut tempat ini sebagai Batu Kodok Malalado.


Sayangnya, sampai saat ini belum ada fasilitas umum seperti toilet atau tempat khusus untuk berteduh dan menikmati jajanan khas Flores. Meskipun begitu, tempat ini cukup menarik sebagai spot foto dan layak diabadikan sebagai penanda sebuah perjalanan.


Bukit Kembar


Bukit yang juga terletak di Kabupaten Nagekeo ini oleh masyarakat sekitar disebut sebagai “Wewo Rowet” yang berarti “Bukit Sobek”. posisinya yang terletak tidak jauh dari garis pantai menawarkan pemandangan eksotis dan menyihir siapapun yang datang ke tempat ini di saat yang tepat.


Saat paling tepat untuk datang ke tempat ini adalah ketika cuaca cerah sehingga cukup cahaya untuk bebas melihat pemandangan di bawahnya lengkap dengan siraman cahaya yang indah.


Pemandian Air Panas Soa Mengerunda


Pemandian ini disebut juga sebagai “Mangerunda Hot Springs”. Air panas yang mengalir di pemandian ini berasal dari sumber alami dan masih mengandung belerang. Meskipun fasilitas publik seperti toilet dan infrastruktur di sekitar tempat ini perlu diperbaiki, pengunjung yang datang mengaku puas dan merekomendasikan tempat ini sebagai salah satu destinasi terbaik yang wajib dikunjungi ketika berada di Pulau Flores.

Tempat pemandian air panas ini memiliki air terjun kecil dan kolam yang tidak terlalu dalam sehingga cocok digunakan sebagai tujuan wisata keluarga. Tentu dengan tiket masuk yang terjangkau, mandi air panas bersama keluarga dapat menjadi pilihan liburan yang menyenangkan.

Pulau Pasir Putih Ri’i Ta’a


Adalah pulau kecil yang hampir tidak terbaca di peta. Pulau Pasir Putih Ri’i Ta’a terletak di sebelah utara Pulau Flores dan hanya berupa pulai kecil dengan hamparan pasir putih yang indah. Belum banyak pengunjung yang mencapai tempat ini, juga tidak ada orang yang tinggal di pulai ini, karena kecilnya, sehingga relatif sepi. Hal ini tentu menarik bagi pengunjung yang mencintai tempat wisata alami.


Untuk mencapai tempat ini pengunjung bisa menggunakan sampan kecil yang dapat ditumpangi tiga hingga empat orang. Ombak yang tenang di sekitar pulau ini membuat suasana cukup aman dan nyaman. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir untuk menikmati indahnya Pulau Pasir Putih Ri’i Ta’a.


Nah, seperti itulah kondisi enam wisata di sekitar Pelabuhan Marapokot. Beberapa wisata di atas belum banyak dikunjungi wisatawan. Bahkan sebagian belum dilengkapi dengan fasilitas umum yang layak untuk pengunjung. Namun keaslian dan eksotisme yang ditawarkan tentu sayang untuk dilewatkan.

Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi salah satunya?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *